Sabtu, 25 Februari 2012

Don't Ghosob !!!!

Don't Ghosob, hampir setiap pesantren pasti ada tulisan-tulisan semacam itu. pasti anda bingung. karena ghosob bukanlah bahasa inggris. he rancau memang kata di atas. namun sebaiknya anda baca sampai selesai agar anda paham.
1330222845202904114
Bagi sebagian orang mungkin istilah GHOSOB adalah hal yang asing, tapi kalo dikalangan para santri pondok, ghosob adalah sebagian dari hidup mereka dalam kehidupan pondok yang tidak akan lepas. sampai-sampai setiap sudut pesantren selalu ada tulisan.
Ghosob adalah mengambil barang orang lain dengan gholim atau mengambil haq orang lain dengan paksaan.
misalkan saya ingin pergi ke masjib tapi sandal saya hilang, kemudian saya mengghosob sandal orang lain tapi nanti saya kembalikan atau ada sebuah tanah yang saya tanami tanpa ijin padahal itu bukan tanah saya tapi tanah temen saya. kesemuanya ini adalah GHOSOB, hampir mirip dengan pencurian namun bukan mencuri.
hal seperti ini jelas sangat dilarang karena termsauk dari hal yang merugikan orang lain atau hablum minannas. dalam sebuah hadits disebutkan :
“Barang siapa yang mengghosob sejengkal tanah orang lain dengan cara dhalim, maka kelak akan dikalungkan 7 bumi pada lehernya”
(H.R Muslim)
karena hal ini bukan mencuri kadang kita meremehkannya. toh kan nanti kita kembalikan namun tetap saja hal ini bukanlah hal yang baik, karena merupakan perbuatan dhalim yang harus ditaubati.
“Barang siapa yang pernah berbuat dhalim terhadap sesamanya hendaklah meminta dihalalkan sebelum datang hari di mana harta benda tak berharga lagi, sebab pada hari itu orang yang didhalimi akan diambilkan kebaikan dari orang yang mendhalimi sepadan dengan kedhalimannya dan bila kebaikan orang yang mendhalimi telah habis maka kejelekan orang yang didhalimi dibebankan kepada orang yang mendhalimi”
(HR Bukhari)
memang sepele tapi kalau saudara atau temen kita g ikhlas??? hayooo??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar